Saltdough dan Playdough Mainan Seru nan Bermanfaat

Saltdough dan playdough adalah mainan sederhana yang bisa dibuat sendiri di rumah, selain lebih aman dan ramah lingkungan, mainan ini punya banyak manfaat edukatif, diantaranya:

  1. Sebagai alat stimulasi sensoris

Baik playdough maupun saltdough adalah campuran tepung dan garam. Anak-anak bisa ikut membuat dan mencicipi rasa saltdough/playdough guna menstimulasi indera perasanya mengenal rasa asin. Untuk membuat saltdough/playdough digunakan pewarna atau esens. Bedanya pewarna dan esens adalah pada esens selain mengandung pewarna, mnegandung juga aroma tertentu yang dapat menstimulasi indera pembau. Adonan  yang menggunakan esens biasanya lebih disukai anak-anak karena baunya mirip bau kue.

Saat membuat adonan bersama anak-anak, maka itulah saat menyenangkan bagi mereka. Karena anak-anak bisa mengaduk dan meremas-remas adonan. Perubahan tekstur kasar menjadi halus saat adonan diuleni pun bermanfaat untuk menstimulasi indera perabanya.

  1. Sebagai alat stimulasi motoris

Cara pembuatan Saltdough juga dapat menstimulasi motorik halus anak. Saat menemani orang tua membuat adonan, otot-otot kecil pada tangan anak akan terlatih. Otot yang terlatih akan siap melakukan kegiatan yang membutuhkan koordinasi otot tangan-mata seperti menulis, menggunting, atau mengambil benda-benda kecil.

Anak-anak pun dapat meremas, memotong, menekan-nekan adonan atau menekuk hingga membentuk sesuatu bentuk yang mereka inginkan.

  1. Mengembangkan kreativitas, daya imajinasi dan kepercayaan diri pada anak

Setelah membuat adonan selesai maka saat yang menyenangkan adalah memainkannya. Anak-anak bisa menggunakan cetakan playdough yang dijual di toko mainan atau bereksperimen sendiri membentuk sesuatu yang ada dalam imajinasinya. Membuat dan bermain dengan saltdough tidak ada yang salah atau benar. Ijinkan anak memutuskan sendiri warna yang diinginkan untuk mewarnai adonan, dan memutuskan membuat benda yang ingin dibuatnya secara mandiri. Mainan ini cocok untuk mengembangkan rasa percaya diri, kreatifitas dan daya imajinasi anak Anda.

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif dan mengembangkan rasa ingin tahu alami

Saat mewarnai adonan, anak dapat bereksperimen dengan berbagai pencampuran warna. Minta anak menggabungkan 2 warna terlebih dahulu. Pencampuran warna ini akan membentuk warna-warna baru yang akan menambah variasi warna saltdough. Selain itu juga dapat mengembangkan keingintahuan alamiah anak-anak untuk mencoba menghasilkan warna yang mereka inginkan.

  1. Mengembangkan kemampuan bersosialisasi anak

Jika anak bermain bersama dengan temannya, maka secara tidak langsung ada kolaborasi ketika membuat sesuatu. Saat menggunakan cetakan secara bersama-sama pun dapat memberikan kesempatan pada anak untuk belajar berbagi dan mengantri dengan teman-temannya.

  1. Bermain saltdough/playdough berarti ketenangan

Bermain dengan saltdough adalah saat-saat yang menenangkan karena pikiran anak akan sibuk menyalurkan ide-idenya. Dibanding dengan menyaksikan televisi, bermain saltdough/playdough membuat otak anak bekerja dengan aktif. Otak yang sering distimulasi dengan baik dan selalu aktif adalah pondasi awal menjadi pembelajar mandiri dan kreatif.

  1. Mengenalkan huruf atau angka

Playdough pun bisa digunakan sebagai media pengenalan alfabet atau angka. Saya membantu Farras membuat siput dari playdough untuk mengenalkan alfabet pada Farras. Pada kesempatan lainnya kami membentuk abjad menggunakan playdough. Membuat manik manik dari playdough dan menghitungnya. Playdough/saltdough adalah media belajar yang menyenangkan.

Untuk membuat playdough saya biasanya menggunakan formula sebagai berikut:

Bahan:

  • Tepung terigu 1 gelas belimbing
  • Minyak sayur 1 sendok makan
  • Garam 1/3 gelas belimbing
  • Air ¾-1 gelas belimbing (pastikan jumlah air cukup agar adonan tidak terlalu lembek atau keras)
  • Cream of tar tar 1 sendok makan (bisa dibeli di toko bahan kue)

Cara pembuatan:

  1. Campurkan bahan-bahan kering ke dalam wajan anti lengket. Aduk rata
  2. Masukkan air perlahan hingga semua bahan terlarut
  3. Masukkan minyak sayur
  4. Masak di atas api kecil, diaduk terus hingga campuran kalis membentuk adonan yang konsistensinya cukup keras tapi juga tidak terlalu lunak.
  5. Dinginkan
  6. Bagi menjadi beberapa bagian untuk diwarnai

Sedangkan untuk adonan saltdough saya menggunakan formula sebagai berikut:

Bahan:

  • tepung terigu                       1 gelas belimbing
  • garam                                  1 gelas belimbing
  • air secukupnya hingga membuat adonan menjadi kalis (tidak lengket pada wadah)

Cara membuat:

  1. Campur terigu dan garam menggunakan tangan hingga merata

saltdough-playdough-3

  1. Tuang air dalam campuran terigu secara perlahan
  2. Dengan mengunakan tangan, aduk hingga membentuk adonan yang kalis (tidak lengket pada wadah).

saltdough-playdough-4

  1. Bagi adonan sesuai dengan warna yang diinginkan

saltdough-playdough-5

  1. Untuk mewarnai setiap adonan, gunakan 5-6 tetes pewarna atau esens, bila perlu ditambah sesuai dengan ketebalan warna yang diinginkan.
  2. Saltdough siap untuk dimainkan menggunakan cetakan kue, cetakan bento, atau cetakan playdough.

saltdough-playdough-6

saltdough-playdough-7

saltdough-playdough-8

  1. Hasil dari kreasi anak dapat diawetkan dengan cara di oven kurang lebih 1 jam dengan api kecil. Dengan pemanasan yang baik adonan akan mengeras kurang lebih 3-4 hari.

Rosa Kumala
Editor : Amelia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *