madu-palsu-eksperimen

Madu Palsu!

Tadinya kami hanya bereksperimen membuktikan gaya kohesi, dengan menggunakan madu, air berwarna, dan minyak. Hasil eksperimen terlihat pada gelas yang paling bawah adalah madu, di tengah adalah air yang diberi pewarna hijau, dan yang paling atas adalah minyak goreng. Ketiga zat cair itu tidak dapat menyatu, disebabkan oleh gaya kohesi, yaitu sebuah gaya tarik menarik antara partikel partikel yang sejenis. Kohesi dipengaruhi oleh kepadatan dan jarak antar partikel dalam zat. Dengan demikian, gaya kohesi mengakibatkan ketiga zat tersebut bila dicampurkan tidak akan saling melekat.

Namun dalam eksperimen kami, madu dan air bercampur menjadi satu, sehingga terjadi perubahan warna, dari hijau menjadi kecoklatan.

“Bercampur bua, madu dan air hijaunya bercampur”  kata anak-anak, emaknya terdiam, sebab paham, seharusnya madu itu tak tercampur dengan air, sambil berkerut-kerut mikir..

“kok bisa bercampur ya bang? Apa madunya palsu?

“bisa jadi bua, kalau palsu bercampur, kalau asli gak bercampur” katanya sambil ikut berpikir.

“tapi kenapa tadi waktu diawal madunya gak tercampur bang?

“hmm.. kenapa ya? Jawab duo bocah itu serentak.

“ohh.. bua tau, mungkin karna kepekatan gulanya bang, madu palsu itu kan mengandung banyak sekali gula, jadi pekat, nah.. kalau air pewarna kan tanpa gula,  jadi belum tercampur ketika belum diaduk,  kan kita pernah tuh eksperiemen kepekatan gula ya? Tapi agak gagal waktu itu bang”

“Ohh.. iya mungkin bua”

“tapi malah bagus tuh bang, kita malah tau, madu kita palsu! Emaknya cenggengesan sambil kesel karna sudah tertipu.

Kesimpulan kami adalah; eksperiemn kami bisa dijadikan acuan, untuk membuktikan bahwa madu yang anda beli palsu apa asli, madu palsu akan bercampur dengan air ketika diaduk, karna madu palsu mengandung banyak air, sedangkan madu asli tidak akan bercampur dengan air, disebabkan oleh kepadatan antar kedua partikel berbeda, begitulah, ketika eksperimen gagal sekalipun, ilmu itu selalu ada.

Rahmaida “bua” Simbolon
#experimen#curiosity#funLearning#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *