gerhana-bulan

Gerhana Matahari Total

Hari ini kami belajar Gerhana Matahari Total (GMT). Gerhana matahari total adalah fenomena tertutupinya seluruh piringan matahari oleh piringan bulan, peristiwa itu menyebabkan cahaya matahari terhalang untuk sampai ke bumi, sehingga di wilayah yang dilintasi oleh gerhana matahari total akan mendapati yang seharusnya siang hari terang benderang menjadi gelap, seperti ketika malam hari.

Menjelang Gerhana Matahari Total (GMT) tanggal 9 maret 2016, saya dan anak-anak belajar bagaimana proses terjadinya GMT dan bagaimana posisi matahari, bulan dan bumi ketika proses itu terjadi. Setidaknya memahami letak posisinya adalah gambaran awal agar anak-anak mudah memahaminya dan mampu memvisualisasikannya.
gerhana-matahari
Kami memulainya dengan menggambar, saya meminta anak-anak menggambar gerhana matahari total, dan kami juga ingin membandingkannya dengan fenomena gerhana bulan. Oh..iya, sebelumnya kami juga sudah dua kali menyaksikan gerhana bulan, gerhana bulan yang terakhir kami saksikan ketika berada di Sabang. Radho dan Raffa saya minta untuk menggambarkan gerhana bulan lebih dulu, dan meminta mereka membandingkan dengan fenomena gerhana bulan yang sebenarnya, meminta mereka membayangkan kembali ketika melihat gerhana bulan yang dulu pernah mereka lihat di Sabang.

Saya juga menjelaskan bahwa ketika GMT, sejumlah benda langit akan terlihat, akan ada empat planet yang bisa kita saksikan dengan mata telanjang yaitu Merkurius, Venus, Saturnus, dan Mars. Kami juga memperhatikan posisi ke-4 planet itu melalui gambar.
planet
Merkurius berada di langit timur, posisinya paling dekat dengan matahari. Jika kita menghadap timur, maka akan terlihat merkurius berada di atas matahari. Merkurius akan tampak seperti bintang putih terang, (magnitudo 0,2). Venus juga akan terlihat di langit timur, berada di atas matahari dan merkurius dan terlihat sebagai bintang yang paling terang (magnitudo -3,9) sehingga venus akan terlihat sesaat dan sesudah GMT.

Saturnus berada di langit barat. Jika kita menghadap barat akan terlihat saturnus berada paling tinggi hampir tepat di atas kepala, sedikit lebih redup dari merkurius (magnitudo 0,45).

Mars berada di langit barat, berada di bawah saturnus. Mars akan terlihat sebagai bintang merah terang hampir sama terang dengan merkurius (magnitudo 0,1).

Sebelum melihat Gerhana Matahari Total, setidaknya kami punya bekal atau bayangan akan seperti apa Gerhana Matahari total pada 9 maret 2016. Semoga kami beruntung bisa menyaksikannya, paling tidak ini fenomena langka yang ingin sekali kami saksikan. Kalau ingin menyaksikan lagi, gerhana matahari total akan terjadi 33 tahun kemudian, lama banget kan? Syukur-syukur lagi kalau bisa ketemu astronom di Palembang.

Rahmaida “bua” Simbolon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *